Sabtu, 07 April 2018

Tugas Mandiri 1 - Perilaku Dalam Organisasi


1. Jelaskan definisi manajemen!
Ø  Pengertian manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan suatu organisasi dengan cara bekerja dalam team.


2. Apa itu manajemen?
Ø  Manajemen ialah sebuah seni untuk mengatur sesuatu, baik orang ataupun pekerjaan.

3. Jelaskan definisi umum manajemen!
Ø  Secara umum pengertian manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dan pengunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya.

4. Jelaskan kata kunci dari manajemen!
Ø  Manajemen kunci adalah suatu kegiatan yang mengatur segala kegiatan yang berhubungan dengan kunci, baik mulai dari tahap pembuatan, penggunaan, penyimpanan, pendistribusian, hingga tahap penghancuran.

5. Jelaskan kaitan manajemen dan organisasi!
Ø  Manajemen dan Organisasi memiliki hubungan yang erat, untuk mencapai suatu tujuan maka dibutuhkan kerja team atau berorganisasi, ibaratkan di suatu perusahaan seorang manajer membagikan tugas kepada anggota team nya yang terdiri dari 10 orang, 2 orang pertama mempunyai tugas menulis, 2 orang berikutnya mempunyai tugas mengedit, 2 orang selanjutnya mempunyai tugas memposting dan begitu selanjutnya, hingga menjadikan kerja sama team yang solid antara manajer dan organisasi.

6. Siapa manajer?
Ø  Seseorang yang dapat memimpin dan mempengaruhi orang lain untuk melaksanakan apa yang dia perintahkan agar tercapainya tujuan perusahaan.

7. Jelaskan perbedaan efektif dan efisien!
Ø  Efektif adalah melakukan sesuatu yang sesuai dengan apa yang diinginkan, sedangkan efisien adalah bekerja menggunakan sumber daya dan energi yang sesuai tanpa pemborosan.
Dengan kata lain efektif adalah dapat mencapai tujuan yang maksimal dari yang diharapkan, sedangkan efisien adalah hemat biaya, tenaga, dan waktu, untuk mendapatkan hasil maksimal.
Setiap proses yang efektif belum tentu efisien, sebaliknya suatu proses yang dikatakan efisien belum tentu efektif. Untuk itu penting untuk menyelaraskan antara efektif dengan efisien agar setiap tujuan organisasi maupun pribadi dapat tercapai dengan baik.

8. Jelaskan dan gambarkan proses manajemen!
Ø  Proses manajemen adalah daur beberapa gugusan kegiatan dasar yang berhubungan secara integral, yang dilaksanakan di dalam manajemen secara umum, yaitu proses perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan proses pengendalian, dalam rangka mencapai sesuatu tujuan secara ekonomis.







9. Jelaskan hubungan antar manajemen!
Ø  Untuk memudahkan pencapaian tujuan, baik tujuan organisasi maupun tujuan pribadi. Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi dan juga tujuan individu yang ada dalam organisasi tersebut. Semua bentuk organisasi dimana orang-orang bekerja bersama mencapai tujuan yang telah ditetapkan, membutuhkan manajemen. Manajemen diperlukan organisasi agar usaha pencapaian tujuan menjadi lebih mudah.

10. Jelaskan dan gambarkan tingkatan manajemen!
Ø  Tingkatan manjemen terbagi menjadi 3 tingkatan, yaitu manajemen tingkat atas (top management), manajemen tingkat menengah (middle management), dan manajemen tingkat bawah (lower management).

o  Manajemen Tingkat Atas (Top Management)
Manajemen tingkat atas adalah tingkatan manajemen tertinggi pada suatu organisasi, yang bertanggung jawab langsung terhadap seluruhan aktivitas organisasi. Contoh jabatan yang ada ditingkat top manajemen diantaranya adalah: presiden direktur, direktur, dewan direksi, dan sebagainya.
o  Manajemen Tingkat Menengah (Middle Management)
Manajemen tingkat menengah merupakan tingaktan manajemen yang bertugas mengembangkan rencana sesuai dengan tujuan dan arahan dari manajemen tingkat atas lalu melaporkannya kepada top manajer. Contoh jabatan pada level posisi manajemen tingkat menengah diantaranya adalah kepala pengawas, kepala departemen, dan lain sebagainya.
o  Manajemen Tingkat Bawah (Lower Management)
Manajemen tingkat bawah adalah tingkatan yang paling bawah dalam sebuah organisasi yang bertugas memimpin dan mengawasi langsung tenaga-tenaga operasional. Manajemen tingkat bawah ini dikenal juga dengan istilah operasional. Contoh jabatan yang ada dilevel manajemen tingkat bawah diantaranya adalah supervisor, mandor, kepala seksi dan sebagainya.

11. Jelaskan fungsi manajemen menurut para pakar!
No.
G.R Terry
John F. Mee
Louis S. Allen
Mc. Namara
1.
2.
3.
4.
Planning
Organizing
Actuating
Controlling
Planning
Organizing
Actuating
Controlling
Leading
Planning
Organizing
Controlling
Planning
Programming
Budgeting
System
No.
Henry Fayol
Harold Koontz dan Cyrli
Dr.S.P Slagian
Prof.Oel Liang Lee
1.
2.
3.
4.
5.
Planning
Organizing
Commanding
Coordinating
Controlling
Planning
Organizing
Staffing
Directing
Controlling
Planning
Organizing
Motivating
Controlling
Evaluating
Planning
Organizing
Directing
Coordinating
Controlling
No.
Luther Gulick
Lyndall F.Urwick
W.H Newman
John D. Millet
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Planning
Organizing
Staffing
Directing
Coordinating
Reporting
Budgeting
Forecasting
Planning
Organizing
Commanding
Coordinating
Controlling
Planning
Organizing
Assembling
Directing
Controlling
Directing
Facilitating

Beberapa fungsi manajemen diuraikan sebagai berikut :

a. Perencanaan (planning), adalah sesuatu yang akan direncanakan tentang apa yang akan dicapai yang kemudian memberikan pedoman, garis-garis besar tentang apa yang akan dituju. Perencanaan merupakan persiapan-persiapan untuk pelaksanaan suatu tujuan, berupa rumusan-rumusan tentang apa dan bagaimana suatu pekerjaan dapat dilaksanakan.

b. Pengorganisasian (organizing) , merupakan proses pembagian kerja ke dalam tugas-tugas yang lebih kecil, membebankan tugas-tugas itu kepada orang yang sesuai dengan kemampuannya, dan mengalokasikan sumber daya, serta mengoordinasikannya dalam rangka efektivitas pencapaian tujuan organisasi.

c. Pengsian jabatan (Staffing), Adalah kegiatan untuk memperoleh karyawan secara efektif dan efisien yang akan mengisi jabatan-jabatan kosong di organisasi perusahaan. Tujuan dari pengisian jabatan adalah agar semua jabatan ada yang mengisi atau menempati dan tugas-tugas dari setiap jabatan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

d. Penggerakan (actuating), adalah menempatkan semua anggota pada kelompok agar bekerja secara sadar untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan perencanaan dan pola organisasi. Dengan kata lain, penggerakan artinya kegiatan yang berhubungan dengan memotivasi atau memberi semangat kepada karyawan atau pegawai.
e. Pengarahan (directing) , memberikan arahan agar seluruh tim dan sumber daya yang ada dapat bekerja untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, menjalankan seluruh perencanaan yang telah dibuat agar dijalankan dengan baik.

f. Pengendalian (controlling) , adalah salah satu fungsi manajerial seperti perencanaan pengorganisasian, pengaturan staff, dan mengarahkan. Mengendalikan merupakan fungsi  penting karena membantu untuk memeriksa kesalahan dan mengambil tindakan  korektif sehingga meminimalkan penyimpanan dari standar  dan mengatakan bahwa tujuan organisasi telah tercapai dengan cara yang baik.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tugas Mandiri 1 - Perilaku Dalam Organisasi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.