1.
Jelaskan definisi manajemen!
Ø Pengertian
manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan
suatu organisasi dengan cara bekerja dalam team.
2.
Apa itu manajemen?
Ø Manajemen
ialah sebuah seni untuk mengatur sesuatu, baik orang ataupun pekerjaan.
3.
Jelaskan definisi umum manajemen!
Ø Secara
umum pengertian manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dan
pengunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan
sebelumnya.
4.
Jelaskan kata kunci dari manajemen!
Ø Manajemen
kunci adalah suatu kegiatan yang mengatur segala kegiatan yang berhubungan
dengan kunci, baik mulai dari tahap pembuatan, penggunaan, penyimpanan,
pendistribusian, hingga tahap penghancuran.
5.
Jelaskan kaitan manajemen dan organisasi!
Ø Manajemen
dan Organisasi memiliki hubungan yang erat, untuk mencapai suatu tujuan maka
dibutuhkan kerja team atau berorganisasi, ibaratkan di suatu perusahaan seorang
manajer membagikan tugas kepada anggota team nya yang terdiri dari 10 orang, 2
orang pertama mempunyai tugas menulis, 2 orang berikutnya mempunyai tugas
mengedit, 2 orang selanjutnya mempunyai tugas memposting dan begitu
selanjutnya, hingga menjadikan kerja sama team yang solid antara manajer dan
organisasi.
6.
Siapa manajer?
Ø Seseorang
yang dapat memimpin dan mempengaruhi orang lain untuk melaksanakan apa yang dia
perintahkan agar tercapainya tujuan perusahaan.
7.
Jelaskan perbedaan efektif dan efisien!
Ø Efektif
adalah melakukan sesuatu yang sesuai dengan apa yang diinginkan, sedangkan
efisien adalah bekerja menggunakan sumber daya dan energi yang sesuai tanpa
pemborosan.
Dengan
kata lain efektif adalah dapat mencapai tujuan yang maksimal dari yang
diharapkan, sedangkan efisien adalah hemat biaya, tenaga, dan waktu, untuk
mendapatkan hasil maksimal.
Setiap
proses yang efektif belum tentu efisien, sebaliknya suatu proses yang dikatakan
efisien belum tentu efektif. Untuk itu penting untuk menyelaraskan antara
efektif dengan efisien agar setiap tujuan organisasi maupun pribadi dapat
tercapai dengan baik.
8.
Jelaskan dan gambarkan proses manajemen!
Ø Proses
manajemen adalah daur beberapa gugusan kegiatan dasar yang berhubungan secara
integral, yang dilaksanakan di dalam manajemen secara umum, yaitu proses
perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan proses
pengendalian, dalam rangka mencapai sesuatu tujuan secara ekonomis.
9.
Jelaskan hubungan antar manajemen!
Ø Untuk
memudahkan pencapaian tujuan, baik tujuan organisasi maupun tujuan pribadi.
Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi dan juga tujuan individu
yang ada dalam organisasi tersebut. Semua bentuk organisasi dimana orang-orang
bekerja bersama mencapai tujuan yang telah ditetapkan, membutuhkan manajemen.
Manajemen diperlukan organisasi agar usaha pencapaian tujuan menjadi lebih
mudah.
10.
Jelaskan dan gambarkan tingkatan manajemen!
Ø Tingkatan
manjemen terbagi menjadi 3 tingkatan, yaitu manajemen tingkat atas (top
management), manajemen tingkat menengah (middle management), dan manajemen
tingkat bawah (lower management).
o
Manajemen Tingkat Atas (Top Management)
Manajemen
tingkat atas adalah tingkatan manajemen tertinggi pada suatu organisasi, yang
bertanggung jawab langsung terhadap seluruhan aktivitas organisasi. Contoh
jabatan yang ada ditingkat top manajemen diantaranya adalah: presiden direktur,
direktur, dewan direksi, dan sebagainya.
o
Manajemen Tingkat Menengah (Middle
Management)
Manajemen
tingkat menengah merupakan tingaktan manajemen yang bertugas mengembangkan
rencana sesuai dengan tujuan dan arahan dari manajemen tingkat atas lalu
melaporkannya kepada top manajer. Contoh jabatan pada level posisi manajemen
tingkat menengah diantaranya adalah kepala pengawas, kepala departemen, dan
lain sebagainya.
o
Manajemen Tingkat Bawah (Lower
Management)
Manajemen
tingkat bawah adalah tingkatan yang paling bawah dalam sebuah organisasi yang
bertugas memimpin dan mengawasi langsung tenaga-tenaga operasional. Manajemen
tingkat bawah ini dikenal juga dengan istilah operasional. Contoh jabatan yang
ada dilevel manajemen tingkat bawah diantaranya adalah supervisor, mandor,
kepala seksi dan sebagainya.
11.
Jelaskan fungsi manajemen menurut para pakar!
No.
|
G.R Terry
|
John F. Mee
|
Louis S. Allen
|
Mc. Namara
|
1.
2.
3.
4.
|
Planning
Organizing
Actuating
Controlling
|
Planning
Organizing
Actuating
Controlling
|
Leading
Planning
Organizing
Controlling
|
Planning
Programming
Budgeting
System
|
No.
|
Henry Fayol
|
Harold Koontz dan Cyrli
|
Dr.S.P Slagian
|
Prof.Oel Liang Lee
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Planning
Organizing
Commanding
Coordinating
Controlling
|
Planning
Organizing
Staffing
Directing
Controlling
|
Planning
Organizing
Motivating
Controlling
Evaluating
|
Planning
Organizing
Directing
Coordinating
Controlling
|
No.
|
Luther Gulick
|
Lyndall F.Urwick
|
W.H Newman
|
John D. Millet
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Planning
Organizing
Staffing
Directing
Coordinating
Reporting
Budgeting
|
Forecasting
Planning
Organizing
Commanding
Coordinating
Controlling
|
Planning
Organizing
Assembling
Directing
Controlling
|
Directing
Facilitating
|
Beberapa
fungsi manajemen diuraikan sebagai berikut :
a.
Perencanaan (planning), adalah sesuatu yang akan direncanakan tentang apa yang
akan dicapai yang kemudian memberikan pedoman, garis-garis besar tentang apa
yang akan dituju. Perencanaan merupakan persiapan-persiapan untuk pelaksanaan suatu
tujuan, berupa rumusan-rumusan tentang apa dan bagaimana suatu pekerjaan dapat
dilaksanakan.
b.
Pengorganisasian (organizing) , merupakan proses pembagian kerja ke dalam
tugas-tugas yang lebih kecil, membebankan tugas-tugas itu kepada orang yang sesuai
dengan kemampuannya, dan mengalokasikan sumber daya, serta mengoordinasikannya
dalam rangka efektivitas pencapaian tujuan organisasi.
c.
Pengsian jabatan (Staffing), Adalah kegiatan untuk memperoleh karyawan secara
efektif dan efisien yang akan mengisi jabatan-jabatan kosong di organisasi
perusahaan. Tujuan dari pengisian jabatan adalah agar semua jabatan ada yang
mengisi atau menempati dan tugas-tugas dari setiap jabatan tersebut dapat
dilaksanakan dengan baik sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.
d.
Penggerakan (actuating), adalah menempatkan semua anggota pada kelompok agar
bekerja secara sadar untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sesuai
dengan perencanaan dan pola organisasi. Dengan kata lain, penggerakan artinya
kegiatan yang berhubungan dengan memotivasi atau memberi semangat kepada
karyawan atau pegawai.
e.
Pengarahan (directing) , memberikan arahan agar seluruh tim dan sumber daya
yang ada dapat bekerja untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, menjalankan
seluruh perencanaan yang telah dibuat agar dijalankan dengan baik.
f.
Pengendalian (controlling) , adalah salah satu fungsi manajerial seperti
perencanaan pengorganisasian, pengaturan staff, dan mengarahkan. Mengendalikan
merupakan fungsi penting karena membantu
untuk memeriksa kesalahan dan mengambil tindakan korektif sehingga meminimalkan penyimpanan
dari standar dan mengatakan bahwa tujuan
organisasi telah tercapai dengan cara yang baik.
Bagikan
Tugas Mandiri 1 - Perilaku Dalam Organisasi
4/
5
Oleh
Hery Prasetyo


